Puncak Pertamaku ditanah Jawa

Posted: September 16, 2012 in 31 Hari MCS Menulis, Yogyakarta
Tags:

10/2/2011 mungkin menjadi hari yang takkan terlupakan. Ya.. hari itu merupakan hari dimana puncak merapi berhasil kutaklukkan. Bangga plus terharu haru, karena saat itu merapi baru saja mengamuk dan meluluh lantakkan desa-desa sekitar lereng. Dan sempat membuat warga jogja dan magelang kocar-kacir karena ledakannya.

Hari itu kami melalui jalur selo bersama teman-teman seperjuangan yang bisa dikatakan teman yang mengenalkan kenikmatan-kenikmatan pendakian(padahal banyak derita.. hehehehe J). Pagi-pagi sekali kami berangkat dari pos 1, pos dimana kami sempat beristirahat dan mempersiapkan diri sebelum bertempur. Debu pasca merapi, itulah teman kami selama perjalanan, untungnya  kami telah mempersiapkan masker yang setidaknya sangat membantu kami selama perjalana. Ditambah lagi ini pengalaman saya yang pertama menaklukkan gunung, fiuh… sungguh sangat panjang perjalanan ini. Sekitar pukul 7 pagi akhirnya kami tiba di suatu tempat yang lapang dan setelah ditelusuri ala detektif (biar terlihat lebih dramatis…:)) nama tempat itu adalah Pasar Bubrah. Disini kami sempat beristirahat untuk makan,membuka perbekalan, dan sekedar menghangatkan badan. Seperti tampak pada gambar.

berfoto di Pasar Bubrah sebelum melanjutkan ke puncak merapi

Dari sinilah terlihat puncak merapi yang kata teman saya untuk mencapai puncak tinggal 2 jam perjalanan (warning: 2 jam untuk kalangan profesional dan terlatih). Dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut naik, karena ada beberapa teman yang menunggu dan memilih  tidak melanjutkan perjalanan. Akhirnya sayapun melanjutkan perjalanan menuju puncak. Kali ini perjalanan terasa sangat-sangat berat. Mulai dari curamnya medan pendakian, tanah yang labil pasca ledakan merapi, jalur pendakian yang masi terbilang baru, debu yang selalu setia menemani di setiap perjalanan dan tentunya minimnya pengalaman menjadikan jalur ini menjadi jalur yang bisa saya katakan extreme.sehingga waktu tempuh yang semula kata teman yang lebih berpengalaman adalah 2 jam, saya tempuh 3 jam hebat bukan???🙂

Dengan perjuangan yang keras dan melelahkan, dengan debu yang selalu menghiasi perjalanan kami, dengan masker dan jaket mcs yang setia melekat ditubuh saya. Akhirnya puncak merapi bisa ditaklukkan. Wuuuhuuuuuuuuiiiiiii…… adalah teriakan yang pertama muncul dari mulut saya sembari menganggkat tangan dan tentunya menahan gemetar sendi-sendi kaki saya. Ya.. setelah dipuncak dan menoleh kebawah gemetar kaki tak terbendung saking tinggi,terjal, dan curamnya jalur pendakian. Hampir meneteskan air mata ini, untungnya ga jadi karena saya langsung sadar kalo saya udah gede  malu nangis di gunung hehehe🙂. Terbesit juga dalam pikiran saya bisa turun gaya… hemmm penasaran?? Yach kapan-kapan diceritakan lagi deh. Sekian dulu dan pesen saya gunung ini mesti dicoba!!!   Ini foto-foto yang sempat diabadikan teman saya menggunakan hp BBnya.

Suasana di puncak merapi

meluapkan kegembiraan dipuncak merapi

menuruni puncak merapi

Comments
  1. […] Gusti Ngurah Wikranta Arsa : https://pengutik.wordpress.com/2012/09/16/puncak-pertamaku-ditanah-jawa/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Published: September 15, 2012 […]

  2. dekill says:

    hebat, mengharukan sekali bung🙂

  3. kakakawink says:

    wah sayang sekali saya ngak bisa ikut sampai puncak

  4. Saindra Santyadiputra says:

    yang pao… yang paoo…

  5. […] nampaknya selalu dijaga oleh pengelola candi.  Kemudian kita bisa menikmati pemandangan gunung merapi yang tampak jelas. penampakakan merapi dari […]

  6. […] nampaknya selalu dijaga oleh pengelola candi.  Kemudian kita bisa menikmati pemandangan gunung merapi yang tampak jelas. penampakakan merapi dari […]

Leave a Reply

