Wisata Religius di Sebatu

Posted: September 19, 2012 in 31 Hari MCS Menulis, Bali
Tags: , ,

Sebatu mungkin tidak terlalu terkenal dikalangan masyarakat indonesia pada umumnya, namun untuk masyarakat Bali sebatu sudah tidak asing lagi. Sebatu merupakan tempat melakukan ritual pembersihan diri atau yang sering dikenal oleh masyarakat Bali sebagi melukat.Melukat merupakan salah satu ritual pembersihan diri dengan sarana air atau bisa menggunakan sarana lain seperti bungkak (kelapa muda yang masih sangat muda).Bagi masyarakat Hindu di Bali, air merupakan sarana penting dalam segala macam upacara ataupun persembahyangan. Tiga komponen utama dalam melakukan persembahyangan menurut Hindu ada tiga yaitu api,air dan bunga.

Sebatu merapakan salah satu tempat melukat favorit di Bali selain Tirta empul, namun sebatu ini memiliki kelebihan suasana alam yang masih terjaga dan aura spiritualnya masih sangat kental. Selain itu menurut kepercayaan masyarakat Bali sebatu merupakan tempat melukat yang baik untuk melakukan pembersihan dari gangguan mistis (guna-guna,santet, dan sejenisnya). Menurut cerita warga disana tidak jarang masyarakat yang datang kesini dengan keadaan diguna-guna akan merasakan panas ketika melakukan ritual melukat (yach..percaya ga percaya sih..:D ).

Sebatu ini berlokasi di desa adat sebatu kabupaten Gianyar. Daerahnya berada disebelah utara Tirta empul. Untuk mencapai lokasi pembersihan ini kita akan menuruni anak tanggang yang lumayan panjang dan terjal, karena lokasi sebatu ini berada agak kebawah. Adapun urutan ritual melukat di sebatu ini:

  1. Mempersiapkan kuangen (buanga yang disusun diatas daun pisang yang dibentuk kerucut) dan uang bolong sebanyak 11 buah, biasanya sudah dijual di warung-warung sekitar komplek sebatu.
  2. Melakuakn persembahyangan awal, intinya adalah memohon ijin untuk melakukan ritual melukat.
  3. Melakukan ritual melukat dengan cara membasuh kedalam air terjun dengan membawa kuangen dan uang bolong yang telah disiapkan tadi.
  4. Melakukan persembahyangan terakhir yang intinya berterimakasih telah selamat dalam melakukan ritual.

Keindahan alam yang masih sangat alami menjadikan tempat ini bisa dijadikan alternatif dalam berwisata khususnya wisata spiritual. Berikut gambar-gambar yang saya bisa abadikan di lokasi melukat. Selamat menikmati.😀

Persembahyangan awal memohon ijin sebelum melakukan ritual “Melukat”

Air terjun yang digunakan tempat untuk prosesi “Melukat”

Prosesi “Melukat” oleh umat

Tampak umat yang sedang mandi sebagai salah satu ritual pembersihan diri

“Melukat” ritual yang dipercaya dapat membersihkan diri dari gangguan guna-guna

Umat yang melakukan persembahyangan setelah ritual “Melukat”

Comments
  1. dekill says:

    sok serius hahahaha, tapi ini saya sangat suka, tulisannya mantap dan fotonya juara🙂

  2. […] Arsa : https://pengutik.wordpress.com/2012/09/19/wisata-religius-di-sebatu/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s