Menyingkap Tabir dibalik “AWAN“

Posted: September 28, 2012 in 31 Hari MCS Menulis, Komputer, Yogyakarta
Tags: , ,

Kali ini sedikit serius. Yach maklum bingung mau nulis apa lagi. Seketika teringat denga tugas akhir yang mesti saya kerjakan dan juga teringat teman saya yang mengatakan bawa  mulailah menyisihkan waktu satu jam per hari untuk memulai membaca dan mengerjakan tugas akhir (by  bung  Adi). Akhirnya saya membuka-buka google dengan kata kunci “cloud computing”, renca awal yang ingin saya angkat sebagai tema dalam membuat tugas akhir ini. Bolak-balik google akhirnya akhirnya nemu sebuah kata Onno W Purbo, sang master jaringan hehehe…🙂. Akhirnya nemu  file pdf berjudul  “Petunjuk Praktis Cloud Computing Mengunakan Open Source”. Hemm… akhirnya saya mulai membaca e-book ini. Dalam e-book ini beris tentang bagaiman mempersiapkan sebuah instalasi dalam membangun sebuah Cloud Computing menggunakan open source (Sesuai judulnya lah..) disini dibahas konsep-konsep cloud dan membangun cloud computing dengan menggunakan Ubuntu Enterprice Cloude(UEC).

Tak lama membaca e-book ini akhirnya saya berinisiatif untuk mencari buku karangan bapak Onno W Purbo ini. Akhirnya mulailah pencarian di google tentang judul buku yang dikarang oleh beliau.  Sambil ditemani secangkir kopi yang sempat saya buat untuk menemani  perburuan ini, akhirnya saya menemukan satu judul buku karangan beliau yang terbit tahun 2012 yang berjudul “Membuat sendiri Cloud Computing Server menggunakan Open Source” terbitan  Penerbit Andi. Hemm… dengan ssegera saya menghabiskan kopi dan sempat menelpon adi untuk konsultasi. Ya.. selama ini teman saya yang satu ini selalu menjadi teman curhat untuk masalah Testis…. ehh.. maksudnya Tesis. Hehhehehe😀. akhirnya hari ini juga saya berencana menyambangi Toga Mas, sebuah toko buku terkemuka di Jogjakarta yang menjadi tempat nongkrongnya para kutu-kutu buku Jogjakarta.

Setelah mandi dan gosok gigi, tidak lupa membantu ibu membersihkan tempat tidurku (lohhh… kok!!) jadi nyanyi deh🙂. Ya.. intinya setelah mandi akhirnya saya bergegas mengendarai my motorcycle yang selalu setia menemani saya di jogja selama hampir lima tahun lebih. Sampailah saya di Toga Mas di kawasan Gejayan  (yang sudah berubah menjadi Jalana Affandi). Segera memarkir motor dan mulai mencari lewat komputer pencari yang disediakan disana. Claoud computing itulah kata kunci yang saya ketikkan. Tarraaaa… akhirnya 3 buku muncul dan salah satunya adalah buku yang saya maksud. Segera menuju rak yang dituju. Dan mengambil buku tersebut, sempat juga membaca buku tentang cloud lainnya dan saya putusakan membeli ke-3 buku tersebut.

3 Buku yang saya gondol dari Toga Mas

Setelah membayar dan langsung makan siang akhirnya saya segera balik ke kontrakan Nangka (Kontrakan yang saya diami sejak awal petualangan saya dijogja). Setelah membaca buku tersebut (belum semua sih.. ) yach akhirnya terbukalah sedikit tabir dibalik cloud atau awan ini. Yang intinya adalah:

Kutipan buku Onno W Purbo

Cloud Computing adalah sebuah model komputasi / computing, dimana sumber daya seperti processor / computing power, storage, network, dan software menjadi abstrak dan diberikan sebagai layann di jaringan / internet menggunakan pola akses remote. Model billing dari layanan in umumnya mirip dengan modem layanan publik. Ketersediaan on-demand sesuai kebutuhkan, mudah untuk di kontrol, dinamik dan skalabilitas yang hampir tanpa limit adalah beberapa atribut penting dari cloud computing.

Sebuah setup infrastruktur model cloud computing biasanya di kenali sebagai ‘Cloud’. Berikut adalah beberapa kategori layanan yang tersedia dari sebuah ‘Cloud’ seperti:

• Infrastructure As A Services (IAAS)

• Platform As A Service (PAAS)

• Software As A Service (SAAS)

‘Cloud’ ini biasanya tersedia sebagai layanan kepada siapa saja di Internet. Akan tetapi, varian yang di sebut ‘Private Cloud’ semakin populer untuk infrastruktur pribadi / private yang mempunyai atribut seperti ‘Cloud’ di atas.

Cloud computing berbeda dengan Grid computing atau Paralel Computing, dimana Grid computing dan Paralel computing adalah lebih merupakan sebuah bagian dari prasarana fisik bagi penyediaan konsep Cloud computing.

Hemmm… bingung kan??? Yach sama juga sih.. yach.. biar ga tambah bingung saya sudahi dulu tulisan ini. Nanti disambung lagi mengenai awannya deh. (Kalo Udah paham seh.. hehehe). So… makasi banyak buat Adi yang mau nelpon saya tadi. Kayaknya  mulai hari ini bakal banyak merepotkan anda bung adi??? Hehhehe..🙂 dan semoga selalu di bantu bung!! Ya… sesuai denga  tulisannya anda.. sampai jumpa di Grahasaba Pramana.😀.

Comments
  1. eryzha says:

    cemungut ddd….untung tadi siang ga ketemu di toga mas :))

  2. mnovael says:

    wow……serius sekali…….

Leave a Reply

