Ada Apa Dengan Photography Part II

Posted: October 3, 2012 in 31 Hari MCS Menulis, Yogyakarta
Tags: ,

Woke… melanjutkan tulisan tentang fotografi kemaren tentang perjuangan saya memperoleh sebuah camera DSLR. Hari ini saya ingin bercerita tentang pengalaman pertama memotret🙂.

Nah…setelah memiliki camera dengan bersusah payah akhirnya keinginan untuk sedikit menekuni fotografi mulai saya jalani. Mulailah saya jeprat-jepret kesana kesini. Mulai belajar teknik-teknik fotografi mulai dari panning, slow speed, silouet, dan yang lainnya.🙂.

jepret pertama di toko tempat membeli camera DSLR pertama saya

Namun dari sinilah keinginan belajar tentang foto mulai saya tekuni. Mulai menghargai hasil jepretan orang yang mana untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang baik membutuhkan mood dan tentunya objek yang mendukung. Selain itu moment yang tepat member  andil yang besar dalam sebuah foto yang bagus. Dari sini juga saya mulai masuk ke group fotografi di forum-forum khususnya Kaskus. Dari forum ini saya mendapat banyak pelajaran, tutorial fotografi dan melihat hasil karya orang yang tentunya kita dapat belajar banyak hal dari hasil karya orang lain. Intinya adalah banyak melihat gambar dari orang lain sebagai contoh pengambilan angel yang tepat dan moment yang berharga.

Dari sini pula saya sadar bahwa nilai sebuah foto sangatlah berarti. Foto member sedikit memori tambahan ketika otak kita lupa dengan moment  apa yang telah kita lalui. Ketika melihat foto maka secara otomatis kita akan teringat kapan dan ada cerita apa dibalik foto tersebut, tentang perjalanan ketika mendapat foto tersebut, dan lokasi tempat kita mengambil foto tersebut. Dengan foto kita dapat mengekspresikan seni, memilih objek yang bernilai seni, moment yang tiada duanya, dan tentunya kisah-kisah dari suatu foto.

Contohnya saja ketika saat ini, saat dimana saya mulai melihat gambar-gambar yang pernah saya ambil. Banyak sekali menimbulkan tawa, menimbulkan imajinasi, menimbulkan subuah tulisan (ya seperti tulisan saya ini)🙂. Selain itu saya tersadar sekarang, ketika foto yang dianggap biasa-biasa saja ketika suatu foto diimbuhi dengan tulisan dan deskripsi-deskripsi, secara otomatis akan member nilai lebih terhadap foto yang dianggap biasa-biasa saja. Kenapa? karena moment dan histori dari gambar tersebut. Jadi semua foto dapat dikatakan bagus ketika gambar tersebut menimbulkan cerita dan imajinasi yang keluar dari si pelihat foto. Akhir kata saya sampaikan abadikanlah semua moment yang pernah anda alami dan simpan baik-baik walaupun itu cuma sekedar foto dengan kualitas dan resolusi yang rendah, karena nanti 2 atau 10 tahun atau saat tua nanti, foto ini akan member memori pengingat tambahan pada kita, dan akan memberikan sebuah hiburan tersendiri pada kita. Saya rasa itulah yang sebenarnya menjadi jawaban dari judul tulisan saya ini yaitu “Ada Apa Dengan Photography??”.🙂

Comments

Leave a Reply

